Melakukan perawatan PC

A. Langkah-langkah perawatan PC
     perawatan PC antara lain meliputi hal-hal berikut:
  •  Membersihkandebu dan kotoran yang menempel di permukaan komponen PC.
  •  Memberikan pelumas ke dalam dinamo kipas.
  •  Membersihkan debu di dalam casing PC.
  •  Membersihkan debu pada port belakang PC.
  • Membersihkan keyboard dan Moouse.
 Untuk melakukan perawatan tersebut di perlukan perangkat khusus pembersih yang biasanya di jual di toko toko PC. Perangkat terebut biasanya berisi lap , kuas , dan cairan pembersih. Ada pula penyedot debu mini untuk digunakan membersihkan debu yang ada pada port , keyboard atau sela sela casing. Sayangnya , adaptor AC to USB untuk menggunakannya pada saat PC dimatikan . Atau gunakanlah penyedot debu mini yang memakai tenaga batra.




B. Melakukan Perawatan PC
    Sebelum melakukan perawatan PC , hendaknya beberapa hal berikut terlebih dahulu .
  •  Matikan PC dan monitor.
  • Cabut steker dari jaringan listrik PLN.
  • Diamkan PC elama sekitar 20-30 menit sepaya PC menjadi lebih dingin dan listrik yang masih tersimpan di dalam komponen elektronik PC belakang.
Setelah  melakukan ketiga hal tersebut , lepaskan semua konektor yang terhubung ke port PC , kemudian  bawa PC ke luar ruangan untuk di bersihkan debunya . Letakkan PC di tempat yang kering . Gunakanlah karpet , kardus , atau papan sehingga PC tidak langsung menyentuh tanah/ lantai .

  1. Membersihkan Casing PC
         langkah-langkah untuk membersihkan casing pc adalah sebagai berikut.

  • Untuk mebersihkan casing PC bagian luar , gunakanlah lap yang halus , bersih , dan kering . Lap debu yang menempel pada badan casing . Jika terdapat noda/ kotoran yang susah di lap , celup lap tersebut ke dalam air hangat , lalu bersihkan kotoran tersebut dengan hati-hati.
  • Untuk membersihkan lubang ventilasi casing , gunakanlah penyedot debu mini . Bersihkan juga mengunakan kipas kecil jika ada .
  •  Untuk membersihkan port belakang pada casing gunakan juga penyedot debu mini .


     2. Membersihkan Monitor.
      
        Membersihkan monitor harus dialakukan dengan hati-hati supaya tidak sampai mengores layar monitor tersebut. Pertama bersihkan dulu badan monitor yang dilap dengan kain lap panas. keringkan dengan lap yang masih bersih dan kering.
         Setelah badan monitor bersih , berikutnya adalah membersihkan lubang ventilasi yan biasanya terdapat pada bagian belakang monitor ( untuk monitor jenis LCD ) atau pada bagian belakanng ( pada jenis monitor CTR ).









3. Membersihkan keyboard
   Keyboard merupakan slah satu tempat bersarang nya kuman,kotoran,dan debu.debu berkumpul di bawah tuts keyboard akan semakin sulit jika sudah menebal.oleh karena itu keyboard harus sering dibersihkan secara berkala supaya tetap nyaman digunakan dan tidak menjadi sarang penyakit.
gunakan penyedot debu mini untuk mengenghisap debu-debu yang terdapat disela-sela tuts keyboard.jika terdapat kotoran lengket yang telah mengering pada permukaan tuts,bersihkan dengan memakai air hangat atau alkohol.jangan bersihkan dengan deterjen karena busanya dapat memberes ke sela-sela tuts.



4. Membersihkan Mouse.
   Terdapat dua jenis mouse yang umumnya digunakan , yaitu mouse bola dan mouse optical. Mouse bola lebih rentan terhadap debu dan kotoran sehingga harus sering dibersihkan. Jika tidak , maka pointer akan menjadi sulit untuk di gerakkan atau malah bergrak tidak karuan . langkah-langkah membersihkan mouse sebagai berikut :
  • Bersihkan badan mouse dan kabelnya dengan kain lap yang dibasahi air hangat.
  • keluarkan bola dengan membuka penutupnya.
  • cuci bola tersebut dengan air hangat dan detergen.
  • bersihakn roller dengan menggunakan cotton buds yang di tetesi alkohol.
  • keringkan bola mouse dan pasang pada tempatnya.
  • bersihkan badan mouse dan kabelnya dengan kain lap yang dibasahi air hangat.
5. Mebersihkan Pendingin Prossesor.
    Pendingin prossesor lama kelamaan akan berdebu karena menggunakan kipas untuk menyalurkan udara ke sirip pendinginan. Oleh karena itu , perlu dibersihkan secara berkala supaya kinerja peninginan tetap bagus. Gunakanlah penyedot debu mini dan kuas untuk membesihkannya.

6. Membersihkan Kartu Add-ons ( NIC, VGA card, Modem, Sound Card, dsb)
    Kartu Add-ons juga perlu dibersihkan supaya kinerja tetap bagus. Cabut kartu tersebut secara hati-hati dan slotnya . Kemudian, bersihkan bagian logam konektornya .

7. Membersihkan Printer
   Membersihkan printer hampir sama seperti membersihkan monitor atau casing. Lap badan printer yang di basahi air hangat. Lalu sedot dengan penyedot mini pada port koneksi dan bagian dalam komputer.

8. Membersihkan Lensa Drive Optik.
   Membersihkan printer hampir sama seperti membersihkan monitor dan casing . LAp badan dengan lap yang dibasahi air hangat . Lalu sedot debu dengan yang menempel pada port koneksi dan bagian dalam printer.


C. Perawatan PC menggunakan Software.
    Ada beberapa periferal yang mengharuskan perawatan melalui software , misalnya harddisk dan printer , perlu dilakukan scandisk dan defragmentasi secara berkala supaya sistem operasi tetap sehat dan stabil.

1. Scandisk
    Scandisk  merupakan





























 

Comments

Popular Posts